...:: Wellcome At My Blog ::...
Suatu Cerita Tentang...: June 2005
 
 
Friday, June 24, 2005
Untuk Sebuah Etnis, Maaf..

Telinga dapat mendengar
Bibir yang berucap
Mata yang menatap dapat berbicara
hati yang merasakan
dan, tubuhpun yang berbahasa
pada tiap gerak dan liuknya

Semakin aku tak mengerti
semakin aku tak bisa memahami
mengartikan dan memaknai semua
pada tiap-tiap apa yang aku dengar, aku lihat dan aku rasa

Maaf, aku tak bisa...
Untuk sekedar memaknainya atau sedikit
menyibakan arti di balik semua isyarat itu
Maaf,
Jika harus melakukanya seorang diri
dan Maaf..
jika menjadikan salah arti
posted by aLvie @ 8:08 PM   1 comments
Thursday, June 23, 2005
NGISRUH --Part.2--
Memang..sial benar nasibku
Udah basah kuyup kehujanan, pasarnya dah tutup. Eh, pas udah dapet bawalnya.. ternyata duitnya kurang, mo Ngubungi rumah..nggak punya pulsa lagi. Mau balik ambil uang… waduh!! Jauhhhh…waktunya kan mepet.
Emang enak….

Apes..apes!!
Sementara itu waktupun terus berjalan dan semakin sore, semakin sore. Aku harus bisa mendapatkan ikan-ikan itu, atau acaranya akan berantakan!! Pusing aku…haruskah aku pulang dengan tangan kosong tanpa ikan satu ekorpun? Waduh!! Ntar pasti dimarahi sama pakde. Untung aja, otak ku tetep jalan walau dengan kondisi yang super panik itu. Di jogja kan nggak Cuma satu supermarket yang menjual ikan-ikan segar. Yupe!! Segera aku putar haluan, kuarahkan motorku menuju kesebuah supermarket di bagian timur kota ini, dengan kecepatan yang makin aku tambah untuk mengejar waktu yang terus berjalan…"kali ini aku harus lebih cermat dan lebih hati-hati", seulas senyum aku ekspresikan diwajahku yang basah oleh air hujan dijalanan beraspal itu. Aku benar-benar seperti mendapat ide segar, sesegar iar hujan yang membasahi badanku sore itu.

Sekitar 30 menit motorku melaju dijalanan licin yang basah oleh siraman air hujan. Badankupun mulai menggigil kedinginan, jaket kuning atnies parasutku sudah tidak mampu lagi membendung air yang mencoba masuk disela-sela bajuku dan kini menembus kulitku yang membuatnya menjadi basah dan dingin. Jari-jari tanganku mulai pucat berkerut menahan dingin, kedua kakikupun mulai terasa linu karena kaos kakiku yang selalu basah sejak aku cabut dari rumah. Untung saja baju yang aku kenakan berwarna gelap, jadi tidak begitu kelihatan kuyup.

Agh.. lega. Sampai juga aku diparkiran, sambil ku tengok kanan-kiri, sudah tidah ada tempat parkir teduh yang tersisa. Ya, sudah.. terlanjur basah….nyebur aja sekalian.Alhamdulilah, aku menghela nafas lega ketika aku melihat sederetan bawal berjajar diantara deretan-deretan ikan segar lain di kotak itu…tapi, si patin nya nggak ada juga, sama seperti supermarket yang tadi aku tinggalkan. Kata pelayanya sih lagi nggak musim patin. Lalu aku pilih bawal ukuran sedang dan aku masukan 3 ekor bawal dalam kantong plastic yang sudah disediakan. Setelah dibersihkan dan ditimbang aku cek harganya sekitar 32 ribu. Akuhitung uang yang ada disaku jaketku, ternyata masih sisa. Lalu aku ambil lagi satu ekor. Setelah membayar di kasir, akupun bergegas pulang karena waktu sudah menunjukan puluh 14.30 WIB. Akhirnya aku berhasil membawa pulang 4 ekor bawal untuk prasmanan nanti malam.

Aku senag sekali, tak kupikirkan badanku yang menggigil kedinginan itu, atau jari-jari tangan dan kakiku yang terasa mengkerut dan linu menahan dingin… Sepanjang perjalanan aku hanya memikirkan beberapa puluh menit lalu saat aku ningalin keranjang ikan di supermarket itu…benar-benar ide gila!! Tapi brilliant .
Cerdik. Tapi.. tidak bertangung jawab..:D

Jam 5 lebih, aku sampai dirumah pakde. Aku ngak berani menceritakan apa yang baru saja ku alami (Pasti pakde nggak akansuka dengan tindakanku dan aku takut kalau nanti marahi ). Saat meraka bertanya kenapa pergiku lama, aku hanya menjawab " pasarnya udah tutup, jadi aku nyari kesupermarket __ eh, bawalnya kecil-kecil, jadi aku ke___ supermarket. Makanya jadi lama"
Memang di supermarket yang pertama itu ada dua jenis bawal. Ukuran kecil san ukuran besar.. jadi aku ngak bohong kan??

Ternyata mbak ku juga menyuruh sodaraku yang laen untuk membeli ikan yang sama di hero supermarket…ya, sama. Hanya bawal. Tanpa patin! Tapi.. nggak ada patin, ikan mas pun lezat!! And, setelah matang, emmm…. Yummy hasil bakaran bawalku……KurAnG ASinNNnn!!!

Lalu… bagaimana ya, tinjauan hukum islam terhadap kasusku ini??
Wah, bisa jadi bahan skripsi neh :P
Dasar.. anak Syari'ah!!
posted by aLvie @ 7:58 PM   0 comments
Tuesday, June 21, 2005
NGIRUH --Part.1--
Akhirnya, berani juga aku posting pengalamanku ini. Yach.. anggap saja berbagi pengalaman. Lucu. dan…komentari aja sendiri.

Kira-kira dua bulan yang lalu pakdeku ngadain syukuran. Tentu saja aku sebagai bagian dari keluarga, ya.. iktan bantu-bantu dirumah pakde. Biasanya kalau ada acara ditempat pakde, aku ngebantuin belanja atau ngebantuin masak. Dan acara syukuran tersebut menghidangkan hidangan dengan menu bahan dasarnya dari ikan bawal.

Pagi itu aku dan mbak dah kepasar and beli ikan patin and bawal..tapi karena kurang (kata pakdeku) maka sore sekitar jam 3 aku musti balik lagi nyari kedua ikan itu.

Sekitar jam 14.30 WIB, aku pacu motorku dengan kecepatan 60 km/jam kearah selatan. Aku kembali kepasar itu, sendirian. Wah.. ternyata sebelum sampai di pasar, hujan tiba-tiba turun… tapi nggak terlalu deras. Aku teringat, tadi mantelnya aku tingalin di rumah.. aku emang males kalo harus pakai mantel..aku selalu make jaket parasut yang agak tahan sama hujan. Tapi kalau hujanya deras, ya.. kepepet.. aku make juga tuh mantel.

Sekitar 20 menit akhirnya aku sampai di pasar, ternyata semua penjual daging udah bubar.. .waduh.. bingung aku harus nyari kedua ikan itu dimana. Oh, ya.. tadi aku dapat pesen,kalau pasarnya sudah tutup, bbeli ikanya di supermarket aja. Ya udah, aku tinggalin pasar yang udah sepi itu dan pergi ke supermarket sesuai pesanan mbak ku. Masih dalam keadaan hujan, yang semakin deras, tanpa mantel. Akhirnya setelah 10 menit perjalanan, tiba juga ku di supermarket tersebut. Segera aku parker motorku dan aku langsung masuk nyari kedua ikan pesanan mbak ku itu.

Akhirnya, aku temukan juga tuh ikan…tapi, aku hanya mendapati ikan bawal aja..ikan patinya ga ada. ..aduh, piye ki?? Tapi gpp lah.
tadi mbak berpesan beli bawalnya 7 ekor... ya udah aku ambil 7 ekor tanpa ngeliat harga and ukuranya. tadi pagi aku beli 1,5 kg. sekilo Rp. 9.000,00 dan dapet 4 ekor.. setelah ditimbang dan dibersihkan aku langsung ke kasir. ternyata antri...bapak didepanku belanjaanya banyak banget. Iseng-iseng aku periksa kembali harga. Busyet...!!! aku kaget banget!! ternyata Rp. 74.100,00 aku kaget karena duit yang aku bawa tinggal 53.000 karena tadi udah aku beliin lombok setengah kilo di pasar tadi. Aku bingung, mau sms...pulsa abis...akhirnya aku aku punya jalan keluar.

NEKAT...aku ke tempat buah, sambil nengak_nengok bergaya milih buah, keranjang yang berisi bawal itu aku letakan begitu saja di dekat keranjang-keranjang buah. Aku ninggalin tuh ikan dan pura** milih** buah. Setelah keberanianku tuk melarikan diri dah ada...aku secepat kilat keluar dari supermarket ituu dan....KABUUUUUUUUUUUUUUUUUR !!!!

langsung aku ke parkiran ngambil motorku dan ngebut secepat**nya…masih dalam keadaan hujan yang terus bertambah lebat tanpa mantel yang menutupi badanku.

aku kejam ya... tapi dalam ati aku ketawa geli...ngebayangin kalo pelayanya pada nemuin ikan itu...aku rasa...itu hal yang sangat berani...
perlu nyali gede. Selain itu peran kecerdasan otak dan kreatifitas akal juga sangan menunjang.

he..he..
lucu ga,...lucu kan?
Hayo… pasti lom ada yang pernah lakukan kayak gitu...
eh, ojo ding.. ra apik
posted by aLvie @ 7:44 PM   1 comments
Saturday, June 11, 2005
aLfie..hayaw artinya apa??
Alfie...
Udah cewek, suka ngopi, suka begadang sampe malem (nonton bola lagi ), sukanya music LP, ga' feminim banget..(kata temen** dikampus).

Tapi yang jelas aku lebih setuju ketika temen** mengatakan aku ini cewek yang mandiri dan sangat bertanggung jawab:))
ya.. itulah aku.

"yang terpenting adalah..apapun kita..
kita selamanya akan menjadi kita..bukan mereka..
sebaliknya..mereka tak akan menjadi kita.."
[]

seorang teman ada yang bilang namaku mempunyai arti seribu.
Tapi ada juga temenku yang mengartikanya lain.
menurut dia yang mungkin sudah menghafal kitab ini, memang nama itu mempunyai arti seribu seribu, tetapi sebenarnya alfian itu bukan seribu..sayang.. seribu itu alf..kalau alfian itu seribu lebih dikit...makanya ada namanya buku alfiah..iya..buku alfiah itu sebenarnya mau dikasih nama alf..cuman berhubung syi'ir di dalamnya lebih dari seribu sedkit..akhirnya disebut alfiyah... kalu tidak keliru..syi'ir dalam buku ini sebanya seribu tiga belas..Aku tidak bermaksud apa-apa, aku hanya menampakkan seadanya..tak pernah aku kurangi dan tak pernah aku lebih2kan..emang itu yang aku tahu...tentang alfiyah...
alfiyah itu juga disebut kita khalashah...(ringkasan)... karena alfiyah meringkas semua teori tata bahasa Arab dalam seribu 13 syiir..katanya pula bahwa ada yg bilang gini... seseorang yang "menghafal" (kalau kitab, kalu orang lain lagi) alfiyah, dia sudah bersenjatakan ampuh...

"wakul liman jadala man yahfadhuha..min rabai'in wa khamisin min ismiha... "
arti makna syi’ir itu.. (katakan, kepada orang yang menanyakan tentang tata baha arab (nahwu), huruf keempat (huruf SHAT) dan kelima (tak MARBUTOH) dari kata KHALASHAH huruf keempat dan kelima itu berarti kata SHAH... SHAH ini artinya, diam tanpa bergerak sedikitpun... maka berarti syiri itu mengatakan, kamu gak usah ngomong tentang nahwu sedikitpun di hadapan orang yang hafal alfiyah/atau khalashah...
gichu…


Subhanallah, ternyata Indah ya... maknanya :)
Thank's to: Hasibullah S. atas definisinya
posted by aLvie @ 7:36 PM   1 comments
Tuesday, June 07, 2005
* :(
Bagiku tanpa cahaya surya
Malampun tanpa sinar rembulan
Dingin sekali menghampiriku

Kubayangkan hari-hari 'kan membisu
Ceriapun tak menyapa
Tawa menari diatas luka
Hanya segelintir yang tau itu
Dan aku tak mau semua itu

Biarkan tatapan tajamku meleleh
Biarkan deru hati membias hati
Ku tak "kan lagi berharap
Rembulan menerangi malamku

Ku ingin bersenda dengan dukaku sendiri
Ku ingin bergurau bersama hidupku sendiri
Karena...Cintaku yang mencipta duniaku sendiri

(Yusuf s. dalam luqman hanaqi)
posted by aLvie @ 7:31 PM   1 comments
( Aviola )
Time is Money
My Galery
Pesan Teman
Calender
Previous entries
Archives
Friends

Link Fave
Just Fun
Video Clips
Produk Dunia
  • Beasiswa Indonesia
  • Add to Google
  • Add Refleksi Blogger Indonesia to Newsburst from CNET News.com
  • Subscribe in podnova
  • Add to netvibes
  • Add to The Free Dictionary
  • Subscribe in NewsAlloy
  • Sitescore for Blog Tutorial
  • Subscribe in FeedLounge
  • Refleksi dan Blog Tutorial
  • Refleksi Blog Tutorial
  • Site Meter
  • Blogger Indonesia
  • World Top Blogs - Blog TopSites
  • Blogger Indonesia
  • Blog Tutorial
  • Add to My AOL
  • Refleksi blog tutorial
  • eXTReMe Tracker
 
 

...:: Thank You ::...